Rabu, 25 Oktober 2023

MENULIS BUKU AJAR

 Pertemuan ke-5

Kelas Belajar Menulis Nusantara (KBMN) 30 PGRI

Rabu, 25 Oktober 2023

Sumber : wa grup KBMN 30

Rabu, 25 Oktober 2023, Kelas Belajar Menulis Nusantara (KBMN) ke-30 memasuki pertemuan ke-5. Tema kelas malam ini yaitu MENULIS BUKU AJAR bersama narasumber handal Dr. Mudafiatun Isriyah, M.Pd, seorang dosen dan pengajar di FIP prodi BK UNIPAR Jember.. Kegiatan belajar dipandu oleh moderator cantik ibu Nur Dwi Yanti, M.Pd

Apabila kamu telah selesai dengan suatu urusan, maka segera kerjakanlah urusan yang lain. 

"Salah satu tanda kita masih mencintai kehidupan adalah dengan terus bergerak. Bergerak maju menjemput impian, dan bukan jalan ditempat, apalagi mundur ke belakang untuk mengingat kenangan. Sebab masa lalu hanyalah kenangan bukan diratapi dan dipertanyakan. Maka teruslah bergerak maju ke depan". Kalimat pembukaan yang sangat memotivasi dari sang moderator.

Narasumber menyampaikan tujuan belajar malam ini yaitu yaitu Peserta Pelatihan Temu Penulis KBMN mampu menulis Buku Ajar (BA) mata pelajaran/kuliah yang diampu sesuai dengan teori-teori dan prinsip-prinsip penulisan BA.

Menurut para ahli, dirujuk dari beberapa jurnal ilmiah, buku ajar didefinisikan sebagai : 

  • Menurut Suharjono (2001), buku ajar adalah buku yang digunakan sebagai buku pelajaran dalam bidang studi tertentu, yang merupakan buku standar yang disusun oleh pakar dalam bidangnya untuk maksud-maksud dan tujuan instruksional, yang dilengkapi dengan sarana-sarana pengajaran yang serasi dan mudah dipahami oleh pemakainya di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi sehingga dapat menunjang suatu program pengajaran
  • Menurut Ali Mudlofir dalam bukunya yang berjudul “Pengembangan Kurikulum dan Bahan Ajar”, buku ajar adalah sumber informasi yang disusun dengan struktur dan urutan berdasar bidang ilmu tertentu, materi pembelajaran yang disusun secara sistematis, dan alat atau sarana pembelajaran yang berisi materi, metode, batasan-batasan, dan cara mengevaluasi.
A. Bahan Ajar VS Buku Ajar
Bahan ajar merupan ruh bagi guru. Berikut perbedaan antara bahan ajar dengan buku ajar. 
Sumber : PPT Narasumber
  • Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/dosen dan mahasiswa dalam kegiatan belajar-mengajar. Bahan ajar dapat berupa bahan tertulis atau pun tidak tertulis.
  • Bahan ajar adalah seperangkat materi yang disusun secara sistematis baik tertulis maupun tidak tertulis sehingga dapat tercipta lingkungan dan suasana yang memungkinkan peserta didik untuk belajar.
  • Buku Ajar merupakan salah satu bentuk bahan ajar.
  • Buku Ajar adalah buku ilmiah berupa uraian materi pembelajaran yang disusun secara logis dan sistematis dengan bahasa yang lugas, digunakan dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran (Pannen & Purwanto, 2001)

B. Pentingnya Buku Ajar dalam Pembelajaran
Berdasarkan Trilogi Pembelajaran, Buku Ajar penting dalam pembelajaran karena memiliki tujuan    yang jelas, strategi dan penilaian. Tujuan Buku ajar yaitu bimbingan kepada siswa, dapat digunakan untuk belajar dimana saja, kapan saja, meskipun tidak ada guru, tidak bergantung kepada guru sebagi sumber utama informasi, bisa belajar dengan kecepatan masing-masing sesuai dengan potensi. 

C. Buku Ajar dan Buku Hasil Penelitian/Hasil Pemikiran
Buku Ajar yang dapat disusun guru, berupa:
a. Buku Ajar
b. Modul
c. Diktat
d. Petunjuk Praktikum
e. Naskah Tutorial
d. Buku Referensi 
Hasil penelitian atau hasil pemikiran yang dipublikasikan dalam bentuk buku yang substansi, pembahasannya pada satu bidang ilmu, ditulis mengikuti kaidah ilmiah dan disebarluaskan secara resmi.
e. Monograf
Hasil penelitian atau hasil pemikiran yang dipublikasikan dalam bentuk buku yang membahas hanya pada satu hal saja dalam suatu bidang ilmu.

D. Cara Penulisan Buku Ajar
Karena Buku Ajar bagian dari hasil pemikiran maka seorang guru harus memilik Penguasaan Ilmu. Modal awal yang harus dikuasai yaitu sebelum menulis Buku Ajar:
  • Penguasaan Ilmu --> bahan ajar yang dimiliki guru dapat menjadi sumber materi Buku Ajar
  • Kemampuan Berbahasa 
  • Komitmen Guru/Dosen
Pengalaman mengajar selama ini dapat menjadi bekal dalam menyusun buku ajar. Guru sebagai seorang peneliti dapat melakukan observasi

CARA PENYUSUNAN BUKU AJAR

1. PENATAAN INFORMASI (compilation text)
Guru/Dosen melakukan kompilasi bahan dari berbagai sumber yang telah beredar di pasaran berdasarkan RPS yang telah disusun

2. PENGEMASAN KEMBALI (information repackaging)
Guru/Dosen melakukan pengemasan kembali dari sumber-sumber yang telah ada disesuaikan dengan kebutuhan kompetensi yang ingin dicapai dalah RPS

3. MENULIS SENDIRI (starting from scratch)
Guru/Dosen menulis sendiri berdasarkan kepakarannya berdasarkan RPS mata kuliah yang diampu


PROSEDUR KOMPILASI


Prosedur Pengemasan Kembali Informasi




E. Prinsip-prinsip Pemilihan Materi Buku Ajar

F. Sistematika Buku Ajar 







KEUNTUNGAN Guru Menulis Buku Ajar yaitu selain merasakan kepuasan tersendiri, guru juga mendapatka promosi & kenaikan Pangka, mendapatkan insentif, finansial-royalti.

"Membuat buku ajar adalah bahwa  suatu tugas yang kompleks dan penting dalam dunia pendidikan. Dalam membuat buku ajar, penulis harus mempertimbangkan berbagai aspek, termasuk tujuan pembelajaran, integrasi teknologi, desain interaktif,  responsif terhadap perkembangan, kolaborasi, pengujian, keberlanjutan, aksesibilitas, hak cipta, dan etika. jadi tetap dijaga semangat dan konsistensinya," closing statemen Bunda Muda yang penuh motivasi.

Menulis Buku Ajar adalah impian saya sejak lama. Semoga Allah mudahkan mewujudkannya, berkat ikhtiar belajar malam ini. Aamiin.

4 komentar:

MENULIS BUKU Ber-ISBN dari KARYA ILMIAH

  Pertemuan ke-24 Kelas Belajar Menulis Nusantara (KBMN) Ke 30 PGRI Jumat, 08 Desember 2023 Sumber : WA grup KBMN 30 Jumat, 08 Desember 2023...